Selasa, 10 Juli 2012

Posted by jinson on 01.43 No comments



Siapa sih yang gak ingin awet muda. Memang sih, penuaan tidak dapat dicegah, setidaknya bisa diperlambat. Banyak orang yang menganggap untuk mendapatkannya membutuhkan uang yang banyak dengan membeli beberapa produk seperti yang terdapat pada iklan (termakan iklan, nih :P) maupun untuk ongkos ke Dokter kecantikan. Ingat! Meskipun memperoleh embel-embel “aman untuk tubuh”, yang namanya bahan kimia tetap saja mengkhawatirkan. Belum lagi uang yang dikeluarkan seperti yang tadi disebutkan, bisa membuat kanker alias Kantong Kering.
Ada banyak bahan-bahan alami dengan harga terjangkau yang tidak kalah hebatnya dengan produk-produk tersebut. Yuk kita lihat apa saja sih bahan-bahan tersebut :)


1. Avocad
Avocad merupakan buah yang biasanya dikonsumsi layaknya sayuran. Buah ini kaya akan monounsaturated fat atau minyak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh. Avocad juga mengandung banyak vitamin E yang berguna untuk peremajaan kulit dan anti-aging.

2. Berries
Semua jenis berries mengandung phytochemicals atau zat kimia yang memberi vitamin pada makanan. Zat tersebut berperan sebagai anti-oksidan dan melindungi tubuh dari bahaya seperti proses penuaan dan radikal bebas.

3. Sayuran
Sayuran yang berperan sebagai anti-aging adalah Kembang kol, brokoli, lobak, brussels Sprout (Mini kol), lobak, kale (sayuran yang berdaun hijau tua), dan selada air. Sayuran ini lindungi tubuh dari kanker dan toksin. Kita sebaiknya makan sayuran ini sedikitnya 115 gram setiap hari.

4. Jahe
Jahe dapat memperlancar pencernaan dan sistem peredaran darah dalam tubuh. Ini sangat berguna untuk orang yang sudah berusia lanjut. Jahe juga membantu untuk meringankan nyeri rematik dan radang.

5. Bawang putih
Satu siung bawang putih setiap hari dapat melindungi tubuh dari bahaya kanker dan kelainan jantung. Kardioprotektif pada bawang putih juga terbukti sangat bermanfaat. Seperti yang dilansir shine.yahoo.com, minggu (04/03/2012), sebuah studi di Iowa pada tahun 1994 dilakukan pada 41.837 wanita antara usia 55-69 tahun. Mereka disarankan makan satu siung bawang putih setiap harinya. Setelah satu minggu mengonsumsi bawang putih, 50 % dari tubuh mereka terhindari dari risiko kanker usus besar. Sebuah studi di Tasgore Medical College, India, juga menyatakan bahwa bawang putih berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol dan kekurangan darah bahkan lebih efektif dari aspirin.

6. Kacang-kacangan
Hampir semua kacang-kacangan merupakan sumber mineral seperti kenari dan kacang Brazil. Kenari kaya akan kalori, magnesium, zinc, tembaga, potassium and selenium. Jadi, tambahkan kacang pada salad dan dessert. Kacang juga meningkatkan sistem imun dan kualitas kulit agar terhindar dari kanker.

7. Semangka
Daging dan biji semangka sangat kaya akan nutrisi. Jus daging dan biji semangka bisa digunakan untuk menyegarkan kondisi tubuh dan kualitas kulit.

8. Telur
Meskipun sebenarnya menjadi pantangan untuk sebagian orang, namun telur memiliki 9 asam amino penting dan 6 gram protein sehat yang terkandung dalam setiap butirnya. Telur juga mengandung lutein (membantu mencegah degenerasi macular , yaitu suatu kondisi medis yang dialami oleh orang dewasa dimana terjadi penurunan penglihatan karena kerusakan retina), zeaxanthin (baik untuk mata dan membantu mencegah katarak) dan choline (penting untuk otak dan sistem saraf). Telur juga tergolong sebagai makanan yang secara alami mengandung vitamin D (jarang sekali makanan yang didalamnya terkandung vitamin D).

Untuk meng-counter anggapan negatif sebagian masyarakat tentang telur, sebuah penelitian terakhir dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa sebetulnya tidak ada korelasi antara mengkonsumsi telur dengan serangan jantung.

9.   Ikan Salmon
Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa ikan amis seperti salmon dan tuna sangat berguna untuk membantu mencegah serangan jantung dengan cara membuat pembuluh darah ’dilumasi’, sehingga aliran darah menjadi lancar. Salmon juga kaya akan kandungan Omega 3, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak. Omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan karena fungsinya untuk mengurangi kelebihan berat badan, memperbaiki mood dan menyehatkan kulit. Sehingga salmon dan tuna sering menjadi konsumsi orang-orang yang sedang melakukan diet.

10.Bawang Putih
Bawang putih memang dapat menyebabkan kencan anda menjadi tidak menyenangkan (dari bau mulut yang ditimbulkan), namun bawang putih menjadi idola para koki untuk menambah cita rasa pada masakan dengan tanpa menambah kalori. Adalah allicin, zat yang bertanggung jawab terhadap bau dan rasa dari bawang putih tersebut. Di sisi lain, allicin menjadi antioksidan yang sangat ampuh. Sebagaimana anda ketahui, antioksidan merupakan faktor yang sangat penting untuk membuat anda awet muda.
Bagaimana bawang putih dapat menjadi antioksidan yang sangat ampuh? Penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan lebih banyak hydrogen sulfide (senyawa antioksidan alami tubuh), mengendurkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah.

Dr. David W. Kraus, seorang professor biologi dari Universitas Alabama dan juga penulis banyak artikel tentang manfaat bawang putih, menyarankan untuk menghancurkan bawang putih terlebih dahulu dan mendiamkannya selama 15 menit sebelum dimasak. Hal ini dilakukan agar kasiat bawang putih dapat berfungsi secara optimal.

Memperlambat proses penuaan bukan dilaksanakan ketika sudah tua, lho. Justru hal itu harus kita lakukan sejak dini sebelum semuanya terlambat, yaa..  :)

source : berbagai sumber


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar