Rabu, 25 Juli 2012

Posted by jinson on 20.31 No comments
Mengapa sih kita harus mempertimbangkan menu yang sehat untuk sahur dan berbuka?

Karena di saat-saat itulah tubuh kita dipersiapkan untuk berjuang (saat sahur) untuk seharian menahan lapar dan haus, dan saat mengisinya kembali (berbuka puasa) setelah seharian penuh kosong.

Jadi sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat-sehat dan bergizi saja, agar optimal stamina dan kesehatan tubuh kita. Jika tidak, bisa-bisa tubuh kita malah menjadi lemas dan kadar kolestrol malah melonjak. Tentu, semua tidak mau ini terjadi, bukan? :)

Dengan menu-menu sehat kita konsumsi di dua titik penting (sahur dan puasa) Insya Allah kita bisa menjaga stamina kita selama bulan puasa ini, juga kesehatan, imbasnya kita bisa menjalankan puasa Ramadhan bulan ini secara penuh dan Insya Allah ibadah kita di terima.





Baiklah langsung saja kita menuju bahasan utama yakni menu sehat saat sahur dan buka puasa.

Saat sahur:

  • Utamakan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh. Caranya minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa , maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik.
  • Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih "tahan lama" dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.
  • Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah "sapu alami" yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus.
  • Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.
Saat Berbuka :
  • Minum yang manis-manis, namun alami alias tanpa gula. Contohnya air kelapa, jus semangka atau juga melon dan buah lainnya. Di anjurkan menghindari gula pasir, karena efeknya pada kesehatan tidak baik dan tentunya timbangan badan anda. 
  • Pastikan tidak memakan tidak digoreng saat buka, sebaiknya konsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks. Makanan gorengan dan nasi putih juga membuat anda ngantuk saat tarawih. Gorengan bisa mengikat oksigen darah hingga 20%.
  • Sebaiknya konsumsi kembali air putih setelah buka puasa. Dan sebaiknya dari mulai buka puasa sampai kita tidur, paling tidak 1 liter air kita minum.
source : akujalanterus@blogspot

0 komentar:

Poskan Komentar